Hal hal Penting Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

Sebelum kita lanjut ke pokok pembahasan yaitu Hal Penting Yanh Harus Dilakukan Sebelum Menikah akan lebih bagus kita tahu Apa sih Nikah itu ? mungkin yang ada di benak adik adik hanyalah sebatas perjanjian antara dua pasangan yang bertemu dalam suatu hubungan yaitu pernikahan. Dan itu hanyalah arti simpelnya saja,dan banyak pengartian pengertiannya,sebut saja pengertian dari Wikipedia Tentang Pernikahan.Bahkan di Wikipedia pun ada banyak pengertian sebut saja pengertian nikah Wikipedia dalam bahasa indonesia di bawah :

Devinisi nikah Wikipedia dalam bahasa indonesia


Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya,maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu.

Pengesahan secara hukum suatu pernikahan biasanya terjadi pada saat dokumen tertulis yang mencatatkan pernikahan ditanda-tangani. Upacara pernikahan sendiri biasanya merupakan acara yang dilangsungkan untuk melakukan upacara berdasarkan adat-istiadat yang berlaku, dan kesempatan untuk merayakannya bersama teman dan keluarga. Wanita dan pria yang sedang melangsungkan pernikahan dinamakan pengantin, dan setelah upacaranya selesai kemudian mereka dinamakan suami dan istri dalam ikatan perkawinan.

Yang ke dua Devinisi Nikah Wikipedia dalam Islam


Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qobul (akad nikah) yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesusai peraturan yang diwajibkan oleh Islam[1]. Kata zawaj digunakan dalam al-Quran artinya adalah pasangan yang dalam penggunaannya pula juga dapat diartikan sebagai pernikahan, Allah s.w.t. menjadikan manusia itu saling berpasangan, menghalalkan pernikahan dan mengharamkan zina.

Sebagai mana yang sudah kita ketahui bersama,Menikah itu adalah anjuran dari Baginda Nabi Muhammad SAW sebagaimana hadits Nabi :


النِّكَاحُ من سُنَّتِي فمَنْ لمْ يَعْمَلْ بِسُنَّتِي فَليسَ مِنِّي ، و تَزَوَّجُوا ؛ فإني مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

“Menikah adalah sunnahku, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunnahku, bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat) (HR. Ibnu Majah no. 1846, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 2383).

Dan juga Firman Allah dalam Al-Qur'an

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS Al Hujurat : 13)



Dan yang akan saya jelaskan di bawah adalah Segala sesuatu yang harus di persiapkan sebelum menuju Pernikahan dalam Islam,karna saya sendiri beragama Islam bukan maksud mengecualikan yang non Muslim,tetap selama kita berada dalam satu Negara yaitu Negara Indonesia,NKRI tetap kita junjung tinggi dan kita harus selalu menghormati keberagaman di Negara ini.Bukan apa;misala saya menjelaskan hal yang harus di persiapkan sebelum menikah versi kristen atau budha nanti saya takut ada salah dalam perinciannya,kan itu tidak bagus.

Ada banyak Hal yang harus di persiapkan sebelum Menikah,hanya saja saya akan menerangkan Poin poin penting saja menuju Pernikahan yang Sakinah,Mawaddah wa rohmah.Berikut perinciannya.

Segala Sesuatu Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menuju Pelaminan.

1.Memilih Pasangan

Yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah Pasangan,logikanya bagaimana mau menikah kalau pasangannya tidak ada.Memilih pasangan menurut Islam itu ada 4.

  • Pilihlah Jodoh yang Baik Agamanya.

Kenapa Agama adalah kriteria pertamama dalam memilih pasangan,karena dengan satu kriteria ini sudah cukup andai saja kita tidak bisa mendapatkan kriteria yang tiga di bawah.Agama yang baik sudah pasti memiliki tingkat ketaqwaan yang baik pula.Diharapkan pasangan dengan ketaqwaan seperti ini di harapkan membawa rumah tangga menuju keluarga yang Sakinah Mawaddah Warohmah.Dengan penuh ketaqwaan di sini maka kedua calon di sini bisa saling menjaga diri dari semua larangan Allah dan menjalankan semua PerintahNYA.

  • Kecantikan atau Ketampanannya.

Kecantikan dan Ketampanan merupakan kriteria penting setelah Agama karena sudah kodrat manusia cenderung menyukai sesuatu yang bagus ketimbang yang tidak bagus.Dan kriteria yang ke dua ini juga di perbolehkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.Hal itupun sejalan dengan tujuan pernikahan yaitu Ketentraman Hati sebagaimana Firman ALLAH

“Dan di antara tanda kekuasaan Allah ialah Ia menciptakan bagimu istri-istri dari jenismu sendiri agar kamu merasa tenteram denganya.” (QS. Ar Ruum: 21)

Dan Sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya juga menyebutkan tentang kriteria ini.

“Jika memandangnya, membuat suami senang.” (HR. Abu Dawud. Al Hakim berkata bahwa sanad hadits ini shahih).

  • Nasabnya atau Silsilah Keturunannya.

Harus mengetahui Nasabnya terutama bagi kaum hawa untuk menerima lamaran dari seseorang,maka hendaklah mengetahui nasabnya terlebih dahulu.pepatahpun mengatakan "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" sama dengan keluarga,pasalnya keluarga berperan penting dalam menentukan Aklak,Ilmu dan Keimanan seseorang.ibarat di pepatah tadi jika keluarga baik sudah di pastikan keturunannya pun akan mewariskan sifat yang sama.

Alasan kedua, di masyarakat kita yang masih awam terdapat permasalahan fatal berkaitan dengan status anak zina. Mereka menganggap bahwa jika dua orang berzina, cukup dengan menikahkan keduanya maka selesailah permasalahan. Padahal tidak demikian. Karena dalam ketentuan Islam, jikalau dalam hubungan sebelum adanya akad yang sah DAN sampai melahirkan anak,anak tersebut tidak di nasabkan kepada si lelaki,akan tetapi di nasabkan kepada ibunya. Berdasarkan hadits,

“Anak yang lahir adalah milik pemilik kasur (suami) dan pezinanya dihukum.” (HR. Bukhari)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  dalam hadits lainnya hanya menetapkan anak tersebut di nasabkan kepada orang yang berstatus suami dari si wanita. Menasabkan anak zina tersebut kepada lelaki pezina bertentangan dengan tuntutan hadits ini.

Konsekuensinya nanti kalau anak yang lahir dari hasil zina sudah dewasa dan akan menuju jenjang pernikahan, apabila ia perempuan maka suami dari ibunya tidak boleh menjadi wali dalam pernikahannya. Jika ia yang menjadi wali maka tentulah pernikahannya tidak sah, jika pernikahan tidak sah lalu berhubungan intim, maka sama dengan perzinaan,begitupun seterusnya akan menjadi hubungan yang Haram. Inilah yang membuat seorang lelaki ketika meminang calon istrinya perlu mengetahui nasab tersebut.

  • Hartanya.

Rasulullah juga menganjurkan agar memilih pasangan hidup yang setara dalam agama dan status sosialnya.Sudah banyak pernikahan yang tidak langgeng karena perbedaan ini. Salah satu hikmah dari anjuran ini adalah kesetaraan dalam agama dan kedudukan sosial dapat menjadi faktor kelanggengan dalam berumah tangga.

2.Persiapan Fisik

Kesehatan badan harus di jaga agar saat tiba waktunya kedua mempelai dalam keadaan yang fit dalam melalui semua prosesi Pernikahan,bukan hanya badan akal haruslah mencapai batasan baligh agar siap dalam memenuhi kewajibannya sebagai seorang suami maupun istri.

BACA JUGA : Cara pindah BPJS Mandiri ke BPJS PBI

3.Persiapan Mental

Pernikahan adalah awal hidup baru,baru dalam keadaan,baru dalam artian berbeda dan baru dalam segala halnya,sebut saja sebelum menikah kehidupan kita tidak terkait dengan kehidupan orang lain,hanya dengan orang tua yang lebih banyak mengerti dalam keadaan kita. Akan tetapi dalam sebuah pernikahan terkadang kita berbeda dalam suatu hal sehingga diperlukanlah mental yang kuat dalam menghadapi segala sesuatu yang akan di lalui dalam rumah tangga.

4.Persiapan Spiritual

Pernikahan bukanlah hal yang main main,tapi peernikahan adalah momen sakral,tidak boleh ada yang main main,apalagi hanya pengen coba coba dan bentar bentar mengucapkan Talak.benar Talak itu tidak haram tapi Talak merupakan perbuatan yang paling di Murkai ALLAH SWT.Persiapan Spiritual disini di tujukan agar di beri petunjuk untuk menempuh hidup baru.Seseorang yang akan menikah hendaknya meminta petunjuk kepada Allah SWT dan mendekatkan diri pada-Nya agar pernikahan yang nantinya akan di  jalani adalah sesuai dengan syariat islam.Persiapan spiritual bisa dilakukan dengan shalat istikharah,rajin melaksanakan ibadah lainnya seperti berpuasa agar ia benar-benar merasa mantap untuk menikah.

5.Persiapan Sosial

Persiapan sosial meliputi tatakrama yang baik dan benar dengan tetangga,dengan mertua,dengan saudara,dengan tokoh agama dan elemen elemen lain di masyarakat.Bayangkan saja kalau belum apa apa sudah songong,sudah tidak aturan,jangankan SAMAWA hidup satu tahunpun kalau betah.Wallahua'lam.

6.Persiapan Hukum dan Syariah

Sebelum menikah pasangan mempelai di haruskan mengurus semua dokumen kenegaraan yang di perlukan untuk menikah di KUA tentunya.untuk syariahnya kedua mempelai di haruskan mempersiapkan segala Syarat dan Rukun dalam menikah.

7.Persiapan Ekonomi

Persiapan Ekonomi disini khusus untu kaum Adam saja.Katakanlah rejeki itu sudah ada yang mengatur.tapi meski begitu jangan hanya duduk manis di rumah dan tidak di persiapkan Persiapan Ekonomi disini.Karna Ekonomi tidak datang tanpa kita berusaha.Ingat yang harus anda nafkahi bukan hanya nafkan batin saja,tapi nafkah lahir juga.Wallahu a'lam bisshawab.

BACA JUGA : 20 Situs lowongan kerja terbaik terpercaya di sesuaikan dengan kebutuhan anda

Demikianlah artikel tentang Segala hal yang perlu di lakukan sebelum dan sesudah berkeluarga saya susun dari berbagai sumber terpercaya agar menjadi ilmu tambahan bagi kita semua.Jikalau ada kekurangan itu pasti karna kesempurnaan itu hakekatnya hanya milik ALLAH semata.Maka dari itu saya selaku penulis disini sangat membutuhkan sekali komentar yang menbangun dari pada anda sekalian.Tsummassalam.


#pesiapan pernikahan
#persiapan pernikahan dalam Islam

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel