Blank Spot atau Blind Spot,Usahakan Tidak Berada di Posisi Berikut

foto by : indonesiancrush


ilmupedia.Net
-Apa itu Blank Spot atau Blind Spot? Yang dimaksud (Blank Spot) atau yang biasa di kenal (Blind Spot) adalah daerah daerah berbahaya bagi pengendara motor atau mobil bahkan semua pengguna jalan apabila berdekatan dengan kendaraan kendaraan besar,sebut saja Truk besar,Bus dll.Sopir kendaraan kendaraan besar tersebut tidak akan menyadari atau buta akan keberadaan kendaraan lain yang berada di titik Blind Spot tersebut,karna memang daerah daerah tersebut tidak terlihat oleh Sopir baik secara langsung maupun lewat perantara kaca spion.

Umumnya semua kendaraan roda empat ke atas memiliki daerah daerah berbahaya atau Blind Spot yang tidak kelihatan oleh sopir,besar kecilnya dimensi daerah daerah berbahaya tersebut mengikuti besar kecilnya dimensi kendaraan,semakin besar kendaraan maka semakin besar pula daerah yang tidak kelihatan oleh sopir (Blank Spot),begipula sebaliknya.
foto by : otofemale

Sebelum saya memberi tahu dimana saja Blind Spot kendaraan besar,penting kita mengetahui terlebih dahulu.

Beberapa hal yang harus di lakukan agar kita selamat di jalan raya.

1. Tertib berlalu lintas

Dalam bepergian tentunya kita berharap agar kita bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat,oleh karenanya kita harus selalu menaati semua peraturan peraturan pemerintah baik itu rambu lalu lintas di jalan maupun peraturan administrasi berupa SIM dan STNK dan bahkan identitas utama yaitu E-ktp,ketiga surat tersebut di atas sangat amat kita butuhkan dalam perjalanan.Bahkan satu persyaratan di atas yaitu SIM sangatlah berguna untuk keselamatan kita !

BACA JUGA : Cara mengurus STNK yang hilang dan atau rusak

Mungkin anda bertanya tanya,memang apa hubungannya SIM dengan keselamatan kita ??
Tentunya ada !
SIM akan kita dapat setelah kita melalui beberapa tahap ujian,dan di dalamnya mengandung unsur pembelajaran dan pembekalan ketika kita berada di jalan.Pengendara kendaraan berSIM cenderung memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih di jalan raya ketimbang yang belum mempunyai SIM.
Nah,maka dari itu Saya bisa menyimpulkan kenapa SIM menjadi faktor penting dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya.

BACA JUGA : Cara Agar Cepat Lulus Ujian Teori dan Praktek SIM Baru

MUNGKIN ANDA JUGA BUTUH Cara mudah memperpanjang SIM secara Online maupun Offline

2. Berdoa

Selain harus menaati rambu rambu lalu lintas saya sarankan sebelum berkendara hendaklah Berdoa terlebih dahulu.karena semua kejadian yang akan menimpa kita itu sudah ada takdirnya,dan takdir tersebut tidak akan berlaku ketika Yang Maha Memberi Takdir tidak menghendaki.begitu juga ketika kita mau bepergian,kita Berdoa tidak lain karena berharap sampai tujuan dalam keadaan selamat.

Saya akan bercerita sedikit,Nukila dari Kyai saya ; suatu hari saya ngaji kitab,kebetulan saat itu membahas tentang Takdir,dan di sela sela penjelasan sampailah di suatu contoh bepergian,nah Kyai saya menyuruh berdoa sebelum bepergian dan Kyai juga mengingatkan agar tetap dalam keadaan Suci (berwudlu') sebelum bepergian.Insyaallah kalau di lakukan dua hal tersebut kita bisa selamat sampai tujuan,kalau memang di takdirkan kecelakaan dan yang seharusnya kita patah tulang,dengan di lakukannya dua hal tersebut mungkin kita hanya akan tergores sedikit.Begitu lanjut Beliau.(sudah saya buktikan,Alhamdulillah 8 tahun berlalu dan sampai saat ini saya selalu mengamalkannya).

3.Kesiapan Kendaraan dan Fisik

Pastikan kendaraan dan fisik anda dalam keadaan fit,fokus secara mental dan bebas dari alkohol dan obat-obatan terlarang.Perintahkan penumpang anda untuk memegang pada pinggang anda atau pegangan tangan khusus pada kendaraan (grab rail) bagi pengguna motor.Atau suruh penumpang anda memakai sabuk pengaman bagi pengendara mobil.

BACA JUGA : Cara pindah BPJS mandiri ke PBI

4. Gunakanlah selalu helm

Fakta membuktikan : Helm dan atribut pengaman yang lain sangatlah membantu mengurangi cidera serius di kepala dan bagian vital yang lain.Jadi selalu pakailah Helm dan atribut pelindung sesuai standart pemerintah dalam berkendara.

5. Mengetahui maksud kendaraan di sekitar kita

Disini ilmu tambahan saja sih,tapi tetap ini penting.apalagi yang di depan kita pengendara yang tidak mempunyai SIM dan atau Ibu ibu yang tidak faham berkendara.Ibu ibu maaf ye,yang saya maksud adalah Ibu ibu yang tidak faham dalam berkendara kalau situ faham dalam berkendara berarti bukan situ yang saya maksud :D
nah,ketika ada salah satu dari dua komponen masyarakat tersebut di atas kita haruslah berhati hati,karena kebanyakan yang sudah terjadi kecelakaan gara gara kendaraan yang di depan menghidupkan sein kiri ternyata beloknya ke kanan,setelah di samperin ternyata yang mengemudi Ibu ibu atau pengendara yang tidak punya SIM.
Ada lagi kecelakaan gara gara kendaraan di depan kita ngRem mendadak,usut punya usut yang di tabrak tidak punya SIM.Maka dari itu kita haruslah mengetahui apa sih maksud kendaraan di depan kita.
Perhatikan selalu dengan baik kendaraan-kendaraan lain di sekitar anda,dan jangan beranggapan bahwa pengemudi lain melihat anda.
Bersiaplah untuk berhenti dengan cepat dan atau melakukan gerakan mengelak.

6. Buatlah diri anda mudah terlihat dan jangan berada dalam Titik Blind Spot

Buatlah diri anda mudah terlihat terutama pada malam hari,dengan menggunakan pakayan terang atau rompi yang memantulkan cahaya,posisikan diri anda sehingga pengendara lain dapat melihat anda,berikan sein sebelum membelok atau mengubah jalur, dan gunakan klakson atau lampu dem bila diperlukan.
foto by : liputan 6

Dimana saja Blank Spot atau Blind Spot truk,bus dan kendaraan besar lain ?Penjelasannya sebagai berikut.

A. Depan kendaraan besar

kecelakaan di tempat ini biasa terjadi ketika kendaraan yang lebih kecil menyalip kendaraan besar dan menetap di depan kendaraan besar tersebut,bahayanya ketika kendaraan kecil mengurangi kecepatan entah itu mau berhenti ke pinggir jalan atau hendak berbelok,kendaraan tersebut tidak terlihat oleh kendaraan yang lebih besar di belakangnya sehingga tabrakanpun tidak terelakkan.
Untuk mengantisipasi kecelakaan di tempat ini,jagalah jarak kendaraan anda dari kendaraan-kendaraan besar di belakang anda sekurang-kurangnya jarak dua kali panjang kendaraan di belakang anda.

B. Samping kanan dan kiri kendaraan

Janganlah anda berkendara berada di daerah ini.Ditakutkan ketika anda berada di daerah ini kendaraan besar yang anda pepet berbelok ke arah anda tanpa anda sadari.Sopir tidak mengetahui posisi anda dan anda pun tidak akan menyadari jikalau kendaraan besar yang sedang anda pepet sedah memberi peringatan lampu sein.Sehingga kecelakaan tidak terelakkan.saran saya segeralah menyalip dan jangan pernah berada di pinggir kendaraan besar.Karena kecelakaan di tempat ini sangat fatal.

C. Belakang kendaraan

Dalam posisi ini bisa berubah petaka ketika sopir mengerem mendadak dan anda tidak menyadari itu,kecelakaan di tempat ini hampir sangat sulit terelakkan mengingat kendaraan besar memiliki sistem stabilisasi rem yang sangat mumpuni di banding kendaraan kendaraan kecil sebut saja motor.Untuk menghindari kecelakaan di tempat ini diharapkan bagi kita semua untuk tidak berada di belakang kendaraan besar.

7.Berkendaralah sesuai batas kemampuan

Janganlah berkendara melebihi batas kemampuan anda atau lebih cepat dari batas yang telah di tetapkan.Kelelahan dan kurangnya kewaspadaan dapat mengganggu kemampuan anda untuk mengambil keputusan dengan benar dan berkendara dengan aman.
Tips dari saya sendiri di tahap ini; hendaklah fokus pikiran dan pandangan anda dalam berkendara minimal 10 lebih cepat dari Speedometer kendaraan anda.Maksud saya ketika anda dalam kecepatan 30 Km maka kecepatan pikiran dan pandangan anda haruslah 40 Km untuk mengantisipasi yang akan terjadi sebelum kendaraan anda berada di titik tersebut.
Sumber point ke 3,4,6 dan 7 : buku pedoman pemilik kendaraan honda

Alhamdulillah.
demikian artikel ini tentang Beberapa hal yang harus di lakukan agar kita selamat di jalan raya.yang didalamnya ada keterangan tentang titik bahaya kendaraan besar atau biasa di sebut Blank Spot kendaraan atau juga disebut Blind Spot kendaraan Saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya agar menjadi ilmu tambahan bagi kita semua,dengan harapan kita selalu diberi keselamatan dalam berkendara dan selamat sampai tujuan.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua yang sudah membaca atau share artikel ini agar supaya bermanfaat bagi yang belum membaca.
sekian tsummas salamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

#titik blindspot #titik berbahaya kendaraan
#posisi berbahaya di jalan raya
#dimana saja blind spot truck

0 Response to "Blank Spot atau Blind Spot,Usahakan Tidak Berada di Posisi Berikut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel